Hal Unik Mengenai Gereja Pentakosta Indonesia

Gereja Pentakosta merupakan sebuah gerakan di kalangan umat Kristen Protestan yang menekankan kepada karunia-karunia roh kudus. Bagi Anda yang belum mengenal atau memahami mengenai gereja Pentakosta ini maka di sini akan dibahas mengenai keunikan dari Gereja Pentakosta yang cukup membuat gereja ini terkenal di Indonesia. Selain itu gereja Pentakosta ini tidak sama dengan Gereja Katolik yang mana gereja Pentakosta memiliki beberapa hal yang berbeda dari gereja Katolik atau gereja Kristen pada umumnya.

alt

    Membahas tentang gereja Pentakosta tentunya membahas keunikan dari salah satu gereja yang ada di Indonesia ini. Apa saja hal-hal unik mengenai gereja Pentakosta ini berikut yang bisa Anda simak :
  • Gereja Pentakosta Memiliki Sapaan Yang Unik
  • Keunikan pertama dari gereja Pentakosta atau yang disingkat GPI ini yaitu adanya sapaan salam yang cukup unik seperti "Puji Tuhan" dan " Haleluya". Kata ini merupakan ciri khas dari umat GPI yang saat menyapa seseorang atau ketika mereka memulai pembicaraan di depan Jemaat dan juga mengakhiri pembicaraan maka Haleluya dan Puji Tuhan disorakan. Haleluya sendiri merupakan bahasa dari para malaikat yang memiliki arti yaitu Pujilah Tuhan dan kata-kata ini cukup membangun seseorang untuk selalu bersyukur dan memuji Tuhan Yesus.
  • Memiliki Logo Gereja Yang Penuh Arti
  • Keunikan selanjutnya dari GPI ini yaitu adanya logo gereja yang memiliki arti mendalam. Untuk yang paling atas yaitu salib yang melambangkan Kristus, Di tengah yaitu Alkitab yang merupakan firman Allah, Dan yang paling bawah merupakan buku yang melambangkan ilmu pengetahuan. Untuk buku posisi yang paling bawah merupakan ilmu pengetahuan manusia yang tunduk kepada Allah menerangi hati dan pikiran manusia serta agar menuju kemuliaan Kristus.
  • Doa Pembukaaan Yang Unik
  • Yang ketiga yaitu GPI memiliki doa pembukaan yang memiliki ciri khas tersendiri. Dan doa Ini selalu diucapkan oleh umat GPI di seluruh Indonesia yang dimulai dengan kata berfirmanlah yang merupakan suatu perintah atau permintaan kepada Tuhan untuk menyatakan segala hal yang akhirnya umat memuliakan Tuhan dan kerinduan kepada Allah yang diungkapkan melalui doa singkat ini memiliki arti yang luas supaya jemaat memuliakan Tuhan Yesus.
  • Berlutut Ketika Mengakhiri Ibadah
  • Yang kelima yaitu GPI memiliki cara berdoa dengan berlutut saat mengakhiri ibadah. Berlutut dan berdoa selalu dilakukan oleh para tokoh-tokoh Alkitab serta masyarakat saat ini. Dan berlutut menyembah memuji Yesus merupakan suatu tindakan ketidakmampuan bagi umat untuk berdiri lagi memohon dan menyampaikan isi hati mereka kepada Tuhan. Dan itu juga dengan berlutut dan berdoa merupakan perasaan yang tidak pantas untuk berdiri dan meminta kepada Tuhan Yesus karena betapa Kudus dan sucinya Tuhan Yesus itu.
  • Hamba Tuhan Di Gereja Pentakosta Bekerja Sukarela
  • Dan keunikan yang terakhir dari GPI yaitu adanya hamba Tuhan yang tidak mendapatkan imbalan atau bekerja secara sukarela. Seperti yang dikatakan oleh Rasul Paulus Yang menyatakan bahwa "upahku ialah ketika aku boleh memberitakan Injil tanpa upah dan bahwa aku tidak mempergunakan hakku sebagai seorang pemberita Injil".

Itulah beberapa keunikan dari Gereja Pentakosta Indonesia atau GPI yang telah diberikan. Dan keunikan tersebut memiliki arti yang mendalam serta sesuai dengan perintah Tuhan Yesus seperti yang difirmankan oleh Tuhan dalam Alkitab. Dan tentunya hal ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda sebagai seorang Kristiani yang ingin mengenal lebih dekat mengenai gereja Pentakosta.