Perbedaan Gereja Pentakosta Dan Gereja Protestan Yang Harus Anda Ketahui

Banyak yang tahu bahwa aliran agama Kristen ada bermacam-macam seperti Katolik, Protestan, pentakosta atau yang biasa disebut juga Pentakosta, Karismatik dan masih banyak lainnya. Meskipun aliran dari agama Kristen tersebut terbagi dalam beberapa macam, namun ajaran dari semua agama Kristen tersebut sama yaitu percaya bahwa Yesus Kristus merupakan Putra Tunggal Allah yang diutus ke bumi dalam menyelamatkan semua umat manusia dengan menderita dan disiksa disalibkan dan wafat yang kemudian bangkit lagi di hari ketiga dari antara orang mati.

Semua aliran agama Kristen mengajarkan dan cahaya mata satu dasar yang sama yaitu Alkitab. Akan tetapi, hal tersebut tak membuat tidak adanya perbedaan, mulai dari yang kecil hingga sesuatu yang cukup besar terhadap semua aliran dari agama Kristen. Seperti misalnya dengan Kristen Katolik yang mana semua umat Kristen Katolik percaya akan Santa perawan Maria yang merupakan ibunda dari Yesus Kristus yang melahirkan Tuhan Yesus di kandang domba. Sedangkan Kristen Protestan umatnya hanya percaya dengan Tuhan Yesus sendiri tanpa adanya Bunda Maria yang melahirkan Tuhan Yesus. Sebelum Anda melihat perbedaan Kristen pentakosta mengenai agama Kristen Protestan maka disini dijelaskan apa yang dimaksud dengan Kristen pentakosta dan Kristen Protestan. Kristen pentakosta merupakan aliran dari agama Kristen yang menekankan kepada kasih serta karunia dari Roh Kudus.

Bisa dikatakan Kristen pentakosta ini cukup mirip dengan aliran karismatik, hanya saja aliran dari Kristen pentakosta dan juga Protestan muncul lebih dulu sebelum adanya Kristen karismatik. Adapun perbedaan dari Kristen pentakosta dan Protestan sendiri merupakan dari cara yang dilakukan melalui pembaptisan yang dilakukan di gereja masing-masing.

Dan menurut pentakosta sendiri pembaptisan dilakukan dalam tiga tahap yaitu seperti berikut ini :

• Pada pembaptisan awal merupakan pembaptisan yang menjadi satu dengan Yesus Kristus. Dan hal tersebut terjadi ketika umat Kristen pentakosta telah memilih untuk mengikuti jalan yang Yesus pilih dan percaya bahwa Yesus merupakan Putra Tunggal Allah.

• Pembaptisan yang kedua merupakan pembaptisan dengan air suci. Hal ini sama seperti umat Kristen umumnya yang disebut dalam Alkitab.

• Untuk pembaptisan yang terakhir merupakan hal yang unik dan diikuti oleh Kristen pentakosta. Untuk pembaptisan terakhir ini merupakan pengaktifan melalui Roh Kudus. Biasanya hal ini ditandai dengan adanya umat yang bisa berbahasa roh.

Berbeda dengan Kristen pentakosta yang berasal dari ajaran ajaran Alkitab dan menekankan kepada kasih karunia Roh Kudus, Kristen Protestan sendiri berawal dari protes umat Kristen yang menolak ajaran dari Kristen Katolik. Awalnya perasaan protesan sendiri muncul dari protes Martin Luther di tahun 1517. Berbeda dengan Kristen pentakosta Kristen Protestan sendiri banyak denominasi seperti misalnya baptis, Anglikan, Reformed, Anabaptis dan lainnya.

Kristen Protestan sendiri memiliki tiga ajaran utama yang mennjadi pelopor munculnya Protestan dan gereja Protestan yaitu :

Solafide yang merupakan ajaran yang menyatakan bahwa keselamatan datang hanya melalui iman dalam Yesus sebagai Putra Tunggal Allah dan bukan melalui perbuatan baik.

Solagracia merupakan ajaran yang menyatakan bahwa keselamatan adalah anugerah dari Tuhan Yesus dan manusia tidak dapat menyelamatkan dirinya sendiri.

SolaCriptula yang merupakan ajaran yang menyatakan bahwa Alkitab merupakan sumber otoritas final bagi umat Kristen Protestan.

Itulah beberapa perbedaan dari gereja Kristen pentakosta dan Kristen Protestan yang mana bisa dikatakan gereja pentakosta dan Protestan memiliki ajaran yang tidak berbeda, hanya saja dalam melakukan ibadahnya mereka memiliki perbedaan serta sudut pandang yang berbeda dalam menjalankan keyakinannya masing-masing.